19, Aug, 2019
Higuain akhiri puasa gol saat Milan tundukkan SPAL

Higuain akhiri puasa gol saat Milan tundukkan SPAL

Jakarta (ANTARA News) – Gonzalo Higuain mengakhiri puasa golnya setelah dua bulan, ketika ia membantu AC Milan menang 2-1 atas tamunya SPAL dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan, Italia, Minggu dini hari WIB.

SPAL unggul terlebih dahulu melalui gol Andrea Petagna pada menit ke-13, sebelum Milan kemudian menyamakan kedudukan melalui gol Samu Castillejo pada menit ke-16, sebelum legiun Argentina Higuain mengemas gol penentu kemenangan timnya pada menit ke-64, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Italia.

Berbekal kemenangan ini, Milan naik satu strip ke peringkat kelima dengan koleksi lima poin, sedangkan SPAL turun satu posisi ke peringkat ke-16 dengan 17 poin.

Rossoneri tergelincir ke peringkat keenam setelah laju penampilan yang buruk, di mana mereka gagal mencetak gol dalam empat pertandingan secara beruntun di Liga Italia untuk keempat kalinya sejak 1984, di mana Higuain telah gagal mengemas gol dalam delapan pertandingan kompetitif.

Suso kembali ke tim inti setelah sempat mengalami radang panggul, sedangkan Ignazio Abate lebih dipilih untuk mengungguli Davide Calabria, namun Lucas Biglia, Andrea Bertolacci, Giacomo Bonaventura, dan Mattia Caldara masih harus absen. SPAL dipaksa bermain tanpa pemain bintangnya Manuel Lazzari dan bek Yohan Djourou, namun Jasmin Kurtic kembali dari skors.

SPAL kini tidak pernah mengalahkan Milan di Liga Italia sejak Juni 1957, diikuti oleh tujuh hasil imbang dan 16 kekalahan.

Tuan rumah memulai laga dengan agresif dan Thiago Cionek melemparkan tubuhnya untuk menghalangi jalur tembakan Samu Castillejo, kemudian Alessio Romagnoli dinyatakan offside ketika ia mendefleksi Tiemoue Bakayoko untuk masuk ke gawang.

Justru, SPAL mampu mencuri gol terlebih dahulu, ketika Andrea Petagna mengecoh Alessio Romagnoli di tepi kotak penalti, dan penyelesaiannya terdefleksi untuk kemudian mengecoh kiper Gianluigi Donnaruma di sudut jauh gawang.

Milan segera berupaya bangkit, ketika Castillejo menyambar bola sapuan Filipo Costa untuk melepaskan tembakan kaki kiri ke sudut jauh gawang. Hal ini mengakhiri laju empat pertandingan tanpa gol, catatan negatif terburuk untuk klub sejak 1984, yang berlangsung selama 395 menit sepak bola.

Higuain terlihat sangat lambat dan para penonton mulai mengeluh pada setiap kesalahannya. Franck Kessie mengirim umpan kepada Tiemoue Bakayoko, yang melepaskan tembakan melambung saat dirinya tidak terkawal.

Hakan Calhanoglu melepaskan sepakan melebar dari tepi kotak penalti, namun para penggemar mulai tidak sabar dengan Higuain, di mana cemoohan mulai terdengar setiap kali ia menyentuh bola.

Pada awal babak kedua, Petagna mendapatkan peluang serupa golnya sebelumnya, kembali mengecoh Romagnoli untuk melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti.

Tempo permainan Milan menurun dan mereka tidak tampil efektif saat menyerang, maka Gattuso memasukkan Davide Calabria dan Patrick Cutrone.

Hal itu segera mendapatkan hal positif, ketika umpan silang Calabria dapat diteruskan Calhanoglu kepada Higuain untuk melakukan sentuhan bola, menghindari pemain bertahan lawan, dan melepaskan tembakan yang berbuah gol. Higuain merayakan gol pertamanya sejak 28 Oktober dengan perayaan emosional.

Bagaimanapun, pertahanan Milan dari bola mati masih menjadi masalah dan tandukan Thiago Cionek dari tendangan sudut mengenai tiang gawang saat Donnarumma telah ditaklukkan.

Suso mendapat kartu kuning karena berselisih dengan wasit, kemudian mendapatkan kartu kuning lain karena tekelnya di lapangan tengah. Hal itu berarti ia akan absen untuk pertandingan Piala Italia melawan Juventus.

SPAL memiliki peluang bagus untuk menyamakan kedudukan ketika Mohamed Fares melepaskan sundulan, namun Donnarumma terbang untuk melakukan penyelamatan satu tangan.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

AC Milan (4-3-3): Donnarumma, Abate (Calabria 62′), Zapata, Romagnoli, Rodriguez, Kessie, Bakayoko, Calhanoglu, Suso, Higuain (Borini 81′), Castillejo (Cutrone 62′)

SPAL (3-5-2): Gomis, Bonifazi, Cionek, Felipe, Costa (Fares 53′), Dickmann (Vicari 46′), Schiattarella (Valdifiori 74′), Kurtic, Missiroli, Antenucci, Petagna
Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Italia, Juve tertahan di markas Atalanta
Baca juga: Gol Martinez bawa Inter tundukkan Napoli

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018