16, Sep, 2019
PSSI: Persija tanpa pemain asing baru di kualifikasi Liga Champions

PSSI: Persija tanpa pemain asing baru di kualifikasi Liga Champions

Jakarta (ANTARA News) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan klub Persija Jakarta harus berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia 2019 tanpa tiga pemain asing barunya dan pemain Indonesia asal klub luar negeri Ryuji Utomo.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu, kebijakan itu dikeluarkan setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tidak menyetujui pengecualian (dispensasi) International Transfer Cerificate (ITC) pemain Persija yang diajukan PSSI.

“Kami sudah berupaya maksimal meminta dispensasi dari AFC, tetapi tidak bisa dipenuhi,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

PSSI mengklaim sudah memberitahukan kondisi tersebut kepada Persija. Pihak klub berjuluk Macan Kemayoran itu disebut sudah menerima keputusan tersebut.

Sebagai informasi, seorang pemain asing atau pemain yang ditransfer dari klub luar negeri harus memiliki ITC agar dapat didaftarkan di turnamen resmi internasional di bawah FIFA. ITC diperoleh dalam masa transfer pemain.

Masalahnya, pada 18 Juli 2018, PSSI sudah menyampaikan secara resmi pada FIFA bahwa jendela transfer pemain Liga 1 Indonesia musim 2019 dibuka pada 15 Februari-9 Mei 2019.

Jadwal itu diambil karena Liga 1 dijadwalkan bergulir di rentang tanggal 1-8 Mei 2019 atau sekitar dua minggu setelah Pemilihan Umum 17 April 2019.

Hal ini sesuai dengan aturan yang mengharuskan jendela transfer dibuka 84 hari sebelum kick off kompetisi.

“Kami menghormati agenda nasional Pemilihan Presiden 2019. Karena itu, Liga 1 baru bisa diputar dua mingggu setelahnya, yakni antara 1-8 Mei 2019. Dengan demikian, periode jendela transfer pemain yang hanya diperbolehkan berdurasi 84 hari harus disesuaikan dengan waktu kick off, agar 18 klub Liga 1 dapat mempersiapkan pemain dengan baik,” tutur Ratu Tisha.

Sementara, untuk Liga Champions Asia dan Piala AFC 2019, PSSI baru menerima surat pemberitahuan dari AFC pada tanggal 23 November 2018.

PSSI sudah mengajukan pengecualian ITC untuk Persija dan tim yang akan berlaga di Piala AFC 2019 PSM ke AFC, tetapi ditolak.

Ketiga pemain asing baru Persija yang tak bisa tampil di kualifikasi Liga Champions Asia 2019 yaitu Bruno Matos, Jakhongir Abdumuminov dan Vinicius Lopes Laurindo.

Sementara Ryuji Utomo adalah pemain Indonesia yang didatangkan dari klub Thailand PTT Rayong.

Persija akan memainkan laga perdananya di kualifikasi Liga Champios Asia 2019 pada 5 Februari 2019 menghadapi tim asal Singapura Home United di Singapura.

Baca juga: Maman: Persija bidik dua tujuan kontra 757 Kepri Jaya

Baca juga: Ivan Kolev tidak sabar jalani laga perdana bersama Persija

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019