19, Aug, 2019
Sepak Bola – PSSI Paparkan Rancangan Jadwal Kompetisi Musim 2019

Sepak Bola – PSSI Paparkan Rancangan Jadwal Kompetisi Musim 2019

Badung, Bali, (ANTARA News) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memaparkan rancangan jadwal kompetisi di Indonesia mulai Liga 1, Liga 2 hingga turnamen pra-kompetisi yang sudah disetujui oleh para peserta kongres tahunan PSSI tahun 2019.

“Untuk Liga 1 Indonesia tahun 2019, ‘kick off’ akan dilakukan paling lambat 1 Mei 2019 dan paling lambat 8 Mei 2019,” ujar Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono usai kongres tahunan PSSI tahun 2019 di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu.

Sementara Liga 2, dia melanjutkan, akan berlangsung setidak-tidaknya dua minggu setelah Liga 1 mulai bergulir.

Untuk itu, operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) diminta bersiap agar semua rencana bisa dilaksanakan sesuai kesepakatan.

“Seluruh rencana di atas harus segera digodok oleh LIB. LIB juga kami minta untuk mengadakan rapat umum pemegang saham paling lambat dua minggu setelah kongres ini selesai,” tutur Joko.

Selain liga, dia melanjutkan, kongres setuju turnamen pra-musim Piala Presiden, yang sebelumnya diadakan tahun 2017 dan 2018, kembali digelar dan rencananya berlangsung di rentang Januari sampai awal April 2019.

Kongres memberikan kesempatan kepada komite eksekutif (exco) PSSI untuk melakukan sinkronisasi dan penyesuaian jadwal mengingat dalam periode tersebut juga ada lanjutan Piala Indonesia tahun 2018.

“Kami ingin kedua turnamen itu dapat terlaksana,” tutur Joko.

Dua turnamen sebelum liga berpotensi membuat klub-klub kerepotan. Namun, hal itu dianggap tidak masalah oleh tim Liga 1 Persib Bandung.

“Kalau memang sudah diatur jadwalnya demikian, kami akan mengikutinya,” kata manajer Persib Bandung Umuh Muchtar.

Kongres tahunan PSSI tahun 2019 pada Minggu (20/1) selesai digelar sekitar pukul 16.00 WITA setelah dimulai pukul 10.00 WIB.

Selain tentang jadwal kompetisi, kongres juga menghasilkan beberapa keputusan seperti pembentukan komite ad hoc integrity dan lembaga individu wasit.

Salah satu hal penting yang terjadi di kongres tahunan PSSI tahun 2019 ini adalah pengumuman mundurnya Edy Rahmayadi sebagai ketua umum PSSI. ***3***

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019