25, Aug, 2019
UEA singkirkan juara bertahan Australia

UEA singkirkan juara bertahan Australia

Jakarta (ANTARA News) – Tim nasional Uni Emirat Arab berhasil menyingkirkan juara bertahan Piala Asia, Australia, usai meraih kemenangan 1-0 dalam laga perempat final di Stadion Hazza bin Zayed, Abu Dhabi, Sabtu dini hari WIB.

Kemenangan itu diraih tuan rumah berkat gol semata wayang yang dicetak penyerang Ali Mabkhout pada menit 68, demikian catatan pertandingan laman resmi AFC.

Gol itu berawal dari blunder bek Australia, Milos Degenek, yang melepaskan umpan balik lemah ke arah kiper Mat Ryan.

Bola berhasil direbut Mabkhout demi menaklukkan kiper sekaligus membawa UEA unggul lewat gol kesembilannya sepanjang penampilan dua edisi Piala Asia tersebut.

Hasil itu sekaligus menjadi pembalasan yang manis bagi UEA yang empat tahun silam ditaklukkan Australia pada babak semifinal.

Tim besutan Alberto Zaccheroni itu akan menghadapi Qatar di babak semifinal, setelah lawannya itu menyingkirkan Korea Selatan.

Laga semifinal tersebut bakal tercemari bumbu politik karena UEA termasuk dalam sejumlah negara bersama Arab Saudi, Bahrain dan Mesir yang melakukan boikot perdagangan sekaligus hubungan diplomatik pada Juni 2017.

Pasalnya, keempat negara tersebut menuduh Qatar bersikap mendukung aksi terorisme, yang ditolak mentah-mentah oleh Qatar.

Baca juga: Taklukkan Korsel, Qatar melaju ke semifinal AFC

Baca juga: Daftar pencetak gol terbanyak Piala Asia

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019